Sabtu, 29 Januari 2011

Pengaruh dan peranan TI terhadap perkembangan bisnis online di Indonesia

Pengertian Teknologi Informasi

Teknologi Informasi merupakan istilah umum yang menjelaskan teknologi apa pun yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan atau menyebarkan informasi.

Teknologi informasi yang biasa disebut TI, atau IT juga didefinisikan oleh beberapa pakar, yaitu:

* Menurut Haag dan Keen (1996) : teknologi informasi adalah seperangkat alat yang membantu anda bekerja dengan informasi dan melakukan tugas-tugas yang berhubungan dengan pemrosesan informasi.

* Menurut martin (1999) : teknologi informasi tidak hanya terbatas pada teknologi computer yang digunakan untuk memproses dan menyimpan informasi melainkan juga mencakup teknologi komunikasi untuk mengirimkan informasi.

* Menurut Willams dan Sawyer (2003) : teknologi informasi adalah teknologi yang menggabungkan komputasi (computer) dengan jalur komunikasi berkecepatan tinggi yang membawa data, suara dan video.

Dari beberapa definisi diatas, teknologi informasi mencakup gabungan antara teknologi Komputer dan teknologi telekomunikasi

Penggunaan Teknologi Informasi dalam Dunia Bisnis

Dalam dunia bisnis peranan Teknologi Informasi dimanfaatkan untuk perbisnisan secara elektronik atau dikenal sebagai e-business atau perbisnisan elektronik. E-commerce merupakan bagian dari e-business, oleh karena itu cakupan e-business lebih luas daripada e-commerce, tidak hanya sekedar perniagaan tetapi mencakup juga pengkolaborasian mitra bisnis, pelayanan nasabah, lowongan pekerjaan dll. Selain teknologi jaringan www, e-business juga memerlukan teknologi basisdata (database), surat elektronik (e-mail), dan bentuk teknologi non komputer yang lain seperti halnya sistem pengiriman barang, dan alat pembayaran untuk e-business ini.

E-business pertama kali diperkenalkan pada tahun 1994 pada saat pertama kali banner-elektronik dipakai untuk tujuan promosi dan periklanan di suatu halaman-web (website). Menurut Riset Forrester, perbisnisan elektronik menghasilkan penjualan seharga AS$12,2 milyar pada 2003. Menurut laporan yang lain pada bulan oktober 2006 yang lalu, pendapatan ritel online yang bersifat non-travel di Amerika Serikat diramalkan akan mencapai seperempat trilyun dolar US pada tahun 2011. Perusahaan yang terkenal dalam bidang ini antara lain: eBay, Yahoo, Amazon.com, Google, dan Paypal.

Tidak ada komentar: