Rabu, 30 Maret 2011

Kinerja Komputasi dengan Parallel Processing

Setelah kita mengetahui tentang dasar komputasi modern yang telah saya tulis sebelumnya. Dalam kesempatan menulis kali ini saya ingin mencoba membahas tentang Kinerja Komputasi dengan Parallel Processing.

Seiring dengan berkembangnya kemajuan ilmu pengetahuan, jumlah permintaan sumber daya komputer juga semakin meningkat. Beberapa bidang yang membutuhkan komputasi tingkat tinggi tersebut adalah simulasi numerik problem-problem ilmiah dan teknik. Salah satu solusi yang ditawarkan adalah menggunakan pemrosesan paralel.

Pemrosesan paralel (parallel processing) adalah penggunaan lebih dari satu CPU untuk menjalankan sebuah program secara simultan. Idealnya, parallel processing membuat program berjalan lebih cepat karena semakin banyak CPU yang digunakan. Tetapi dalam praktek, seringkali sulit membagi program sehingga dapat dieksekusi oleh CPU yang berbeda-beda tanpa berkaitan di antaranya. Sebagian besar komputer hanya mempunyai satu CPU, namun ada yang mempunyai lebih dari satu. Bahkan juga ada komputer dengan ribuan CPU. Komputer dengan satu CPU dapat melakukan parallel processing dengan menghubungkannya dengan komputer lain pada jaringan. Namun, parallel processing ini memerlukan software canggih yang disebut distributed processing software. Parallel processing berbeda dengan multitasking, yaitu satu CPU mengeksekusi beberapa program sekaligus. Parallel processing disebut juga parallel computing.


Sumber : http://www.scribd.com/doc/40938360/Makalah-Arkom-Paralel-Processing

Tidak ada komentar: