Rabu, 24 Maret 2010

Game Jejaring Sosial

Game kini bukan hanya menjadi sarana hiburan bagi penggunanya, tetapi juga menjadi sarana sosialisasi bahkan bisnis. Sebut saja game online yang terdapat pada jejaring sosial telah berkembang menjadi sebuah industri. Contohnya para pengguna facebook atau yang lebih dikenal sebagai facebooker, mereka tak hanya memanfatkan facebook hanya untuk bersosialisasi, tetapi juga memanfaatkan berbagai macam aplikasi yang ada di dalamnya, seperti game online.
Menurut Alex St John, pencipta online game WildTangent pada tahun 1998, yang kini beralih mendirikan jejaring sosial Hi5 yang populer di Amerika Selatan, Eropa, dan Asia, tren permainan komputer kini mulai beralih pada jejaring sosial, seperti pada Facebook, MySpace, LinkedIn, dan Classmates.com. Peralihan itu tentu membuat beberapa perusahaan game merasa terancam. Bahkan perusahaan Microsoft dan Nintendo yang selama ini dikenal mendominasi platform console game dikabarkan tak akan akan lagi merilis versi terbaru game mereka.



Kini, berbagai macam game online telah merambah beberapa situs jejaring sosial. Di Facebook saja, terdapat berbagai macam game interaktif dari perusahaan game Zynga dan Playfish, di antaranya Farmville, Mafia Wars, Texas Holdem Poker, Restaurant City, dan Country Story. Permainan-permainan itu tampaknya telah menjadi game wajib para pengguna Facebook. Setidaknya satu dari sepuluh pengguna Facebook pernah memainkan salah satu game tersebut. Akan tetapi, banyaknya game online tersebut tentu akan membuat para pengguna aplikasi semakin selektif dalam memilih game yang sesuai dengan kebutuhan mereka. (sumber : mediaindonesia.com)

Tidak ada komentar: